Peran & Fungsi Iringan Musik Dalam Khotbah Di Gereja Pantekosta Di Indonesia (GPdI) Imanuel Karowa Tompaso Baru

Authors

  • Markus Bona Tangkas Sirait Institut Agama Kristen Negeri Manado
  • Ananda Putri Milita Christy Korinus Institut Agama Kristen Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.51667/jpsalmoz.v3i1.800

Keywords:

Iringan Musik Dalam Khotbah, Ambient Music, Fokus, Afektif

Abstract

     Iringan musik pada saat khotbah merupakan sebuah fenomena musikal yang hadir pada saat pelaksanaan ibadah terkhusus pada gereja-gereja yang berhaluan karismatik maupun Pantekosta. GPdI adalah salah satu denominasi gereja yang memiliki liturgi peribadatan yang terdiri dari pujian penyembahan, khotbah serta doa berkat. Pada denominasi ini, iringan musik pada khotbah dianjurkan tetapi tidak diwajibkan. Akan tetapi, pada GPdI Imanuel Karowa Tompaso Baru ternyata mewajibkan iringan musik pada saat khotbah berlangsung untuk membawa pengaruh (fokus) pada Pendeta, Musisi maupun Jemaat yang hadir secara afektif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran & fungsi iringan musik saat khotbah yang dilakukan oleh GPdI Imanuel Karowa Tompaso Baru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif-fenomenologi. Sampel informan dilakukan dengan purposive sampling dan teknik snowball pada 6 orang subyek. Teknik pengumpulan data menggunakan participant observation, wawancara terstruktur dan in depth interview, studi pustaka dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik triangulasi untuk menguji kredibiltas dan validitas data yang didapatkan dari berbagai sumber.

References

Buang, Norazirah binti, Amalina Ulya dan Sousan Naseri. 2019. The Effects of Three Different Background Music between Vocal, Instrumental and Silent on Verbal and Spatial Task Performance in Learning. Jurnal Varidika, 31(2).

Djohan. 2020. Psikologi Musik. Kanisius.

Wangsa, Ciptaning Indra. 2016. Ambient Song Karya Kelompok Musik Dinding Kota: Kajian Tentang Proses Pembuatan Dan Pemanfaatan Sebagai Media Meditasi. (Skripsi Prodi Pendidikan Sendratasik UNNES).

Laksono, Akhsanul Yasril Ihza, Widodo Sarjana A. S. dan Titis Hadjati. 2018. Pengaruh Pemberian Musik Ber-Genre Ambient Terhadap Kualitas Tidur. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 7(1).

Nurbudiyanti, Iin. 2013. Pelaksanaan Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik pada Mata Pelajaran IPS Kelas III SD Muhammadiyah Palangkaraya. Anterior Jurnal Volume 13 No.1.

Till, Rupert. Ambient Music and Religion: Handbook for Religion and Popular Music. Bloombsbury. University of Huddersfield.

Wicaksono, Soetam Rizky. Strategi Penerapan Domain Afektif di Lingkup Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan, Volume 12 No. 2 (2011).

Sumber Internet

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Utara. 2021. Jumlah Tempat Ibadah Menurut Kabupaten Kota dan Jenisnya. Diakses pada 17 Januari 2022, Pukul 12.30 WITA dari (https://sulut.bps.go.id/indicator/108/624/1/jumlah-tempat-ibadah-menurut-kabupaten-kota-dan-jenisnya.html).

Fernando Lumowa. 2013. Gereja di Sulut Terdaftar Di Ditjen Bimas Kristen. Diakses pada 17 Januari 2022, Pukul 12.55 WITA dari https://manado.tribunnews.com/2013/03/18/69-gereja-di-sulut-terdaftar-di-ditjen-bimas-kristen).

GPdI Sulut. Diakses pada 19 Januari 2022, Pukul 18.38 WITA dari (https://gpdisulut.com/)

Published

2022-01-31

How to Cite

Sirait, M. B. T., & Korinus, A. P. M. C. . (2022). Peran & Fungsi Iringan Musik Dalam Khotbah Di Gereja Pantekosta Di Indonesia (GPdI) Imanuel Karowa Tompaso Baru. Psalmoz : A Journal of Creative and Study of Church Music, 3(1), 01-09. https://doi.org/10.51667/jpsalmoz.v3i1.800