Tantangan dalam Perencanaan dan Pengelolaan Lingkungan Belajar Pendidikan Anak Usia Dini Pada Komunitas Urban Kota Manado Di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Febri Kurnia Manoppo Institut Agama Kristen Negeri Manado
  • Jeane Marie Tulung Institut Agama Kristen Negeri Manado
  • Lidya Kandowangko Institut Agama Kristen Negeri Manado
  • Paulus Dimas Prabowo Sekolah Tinggi Teologi Injili Indonesia Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51667/mjpkaud.v2i2.743

Keywords:

Tantangan, Perencanaan, Pengelolaan, Lingkungan Belajar, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjadi salah satu kajian tentang tantangan masyarakat urban di Kota Manado dalam merencanakan dan mengelola lingkungan belajar bagi Anak Usia Dini disaat mereka menghadapi berbagai resiko karena adanya pandemi covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Berdasarkan penelitian ini ditemukan bahwa dalam kajian biblika Ulangan 6: 4-9 terdapat beberapa karakteristik lingkungan belajar untuk anak, yaitu lingkungan belajar yang bersifat parental participation, verbal-visual combination, multi-location, dan style variation. Ditemui pula tantangan-tantangan dalam lingkungan belajar pendidikan anak usia dini, yaitu tantangan dalam pembelajaran jarak jauh karena adanya covid-19, pelaksanaan kelas online yang menimbulkan ketidaksetaraan dalam pelaksanaannya, keterbatasan penilaian guru dari video dan foto, dan tantangan metode online dan off-line.

Published

2021-12-31