Profesionalitas Pelatih Dalam Pengembangan Kualitas Paduan Suara Nine’s Voice di SMA Negeri 9 Manado

Authors

  • Billy Muskitta IAKN Manado
  • Markus W Institut Agama Kristen Negeri Manado
  • Erwin Sianturi IAKN Manado

DOI:

https://doi.org/10.51667/cjmpm.v1i2.342

Keywords:

Kata Kunci : Nine’s Voice Choir, Profesionalitas, Pelatih, Paduan Suara

Abstract

Abstrak

 

Nine’s Voice merupakan salah satu kelompok paduan suara sekolah di Sulawesi Utara yang bertempat di SMA Negeri 9 Manado. Banyak prestasi yang sudah diraih oleh paduan suara ini baik nasional maupun internasional. Kesuksesan tersebut membuat peneliti tertarik melihat bagaimana kepelatihan yang dimiliki oleh Nine’s Voice. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti merumuskan dua masalah pada penelitian ini yaitu, apa saja yang menjadi kriteria dari seoarang pelatih yang profesional dan bagaimana peran dari seorang pelatih yang professional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukan, ada tiga aspek yang dimiliki oleh seorang pelatih yang profesional yang pertama  yaitu, Skill (keterampilan), Knowlegde (pengetahuan), dan Attitude (Sikap). Peran Seorang pelatih bukan saja hanya berfungsi sebagai pengajar namun pelatih yang profesional memliki peran sebagai pengambil keputusan, pembentuk karakter kelompok, menciptakan budaya kelompok dan sebagai pengelola paduan suara.

References

Djohan. 2005. Psikologi Musik, Yogyakarta: Buku Baik.

Guido Denta Christian, 2016. “Metode Latihan Paduan Suara Universitas Airlangga oleh Yosafat Rannu Leppong”, Surabaya, Perpustakaan Jurusan Seni Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya.

Kurniawan, Cessna, 2018. “Peran Pelatih Dalam Pelatihan Paduan Suara Dengan Menggunakan Pendekatan Secara Psikologi di Paduan Suara Voice Of Conservation (VOC) Universitas Negeri Semarang”, Skripsi yang diterbitkan,Semarang: Jurusan Seni Drama, Tari dan Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, UNNES.

Kurniawan, Aris, 2019. “Pengertian Kualitas”, Jakarta.

Martian, Firsta Kris. 2009. “Pembelajaran Vokal Pada Paduan Suara Adiyuswo Di Gereja Kristen Jawa Limpung Pepanthan Subah Kabupaten Batang”, Skripsi yang diterbitkan,Semarang: Jurusan Seni Drama, Tari dan Musik, Fakultas Bahasa.

Karyadi. 1989. Kepemimpinan (Leadership), Bandung: Karya Nusantara.

Moleong, Lexi, 2001. Metodologi Penelitian, Jakarta: PT.Remaja Rosdakarya.

Mohamad, Nasir. 1988. Meteodologi Penelitian, Jakarta: Ghalia Persada Indonesia.

Mudlofir, Ali, 2012. Pendidik Profesional, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nawawi, Hamdani. 2003. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi, Yogyakarta: Gajah Mada.Prastya, Abi Krida. 2012. Proses pembelajaran musik bagi kelompok band Just 4_U di SMA BOPKRI 1 Yogyakarta. Skripsi yang diterbitkan. Yogyakarta. Perpustakaan Jurusan Pendidikan Musik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta

Pusat Musik Liturgi. 2016. Membentuk Suara. Yogyakarta. PML

Rulam, Ahmadi. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta . Ar-Ruzz Media

Sari, Elisa Tresna. 2018. Peningkatan kemampuan solfeggio melalui kegiatan ekstrakurikuler paduan suara di SMP Negeri 1 Sungai Kakap. Diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Tanjung Pura Pontianak.

Setiawan, Samhis. 2020. Pengertian Profesional- Etika. Jakarta.

Published

2020-12-24

How to Cite

Muskitta, B., Wibowo, M., & Sianturi, E. (2020). Profesionalitas Pelatih Dalam Pengembangan Kualitas Paduan Suara Nine’s Voice di SMA Negeri 9 Manado. Clef : Jurnal Musik Dan Pendidikan Musik, 1(2), 24-37. https://doi.org/10.51667/cjmpm.v1i2.342

Issue

Section

Articles